Struktur Kurikulum

STRUKTUR KURIKULUM SMK/MAK

BIDANG STUDI KEAHLIAN              :  AGRIBISNIS DAN AGROTEKNOLOGI

PROGRAM STUDI KEAHLIAN         :  AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN

 

MATA PELAJARAN KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2
Kelompok A (Wajib)            
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 4 4 4 4
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 2 2 2 2 2 2
6 Bahasa Inggris 2 2 2 2 2 2
Kelompok B (Wajib)            
1 Seni Budaya 2 2 2 2 2 2
2 Prakarya dan Kewirausahaan 2 2 2 2 2 2
3 Pendidikan Jasmani, Olah Raga & Kesehatan 3 3 3 3 3 3
Kelompok C (Peminatan)            
C.1 Dasar Bidang Kejuruan (Wajib)            
  1.1.    Fisika 2 2 2 2 - -
  1.2.    Kimia 2 2 2 2 - -
  1.3.    Biologi 2 2 2 2 - -
C.2 Dasar Kompetensi  Kejuruan            
  2.1.    Pembiakan Tanaman 2 2 - - - -
2.2.    Alat Mesin Pertanian 3 3 - - - -
2.3.    Tanah dan Pupuk 3 3 - - - -
2.4.    Perlindungan Tanaman 3 3 - - - -
2.5.    Pengaturan Lingkungan Tumbuh 3 3 - - - -
2.6.    Panen dan Pasca Panen 2 2 - - - -
2.7.    Penyuluhan Pertanian 2 2 - - - -
C.3 Kompetensi Kejuruan            
Paket Keahlian 1 : Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura - - 18 18 24 24
  1. Produksi Tanaman Pangan Dan Palawija
    6 6   6
  1. Produksi Tanaman Sayuran
    6 6 6 6
  1. Agribisnis Produksi Buah
    6 6 6 6
  1. Produksi Tanaman Hias
        12 6
Paket Keahlian 2 : Agribisnis Tanaman Perkebunan - - 18 18 24 24
  1. Agribisnis Produksi Tanaman    Perkebunan Tahunan
    12

 

12 4 8
  1. Agribisnis Produksi Tanaman    Perkebunan Semusim
    6 6 6 8
  1. Agribisnis Produksi Tanaman    Herbal/Atsiri
        14 8
Paket Keahlian 3 : Perbenihan dan Kultur Jaringan - - 18 18 24 24
 
  1. Penangkaran Benih secara Generatif
    18 10   8
 
  1. Pengujian Mutu Benih Tanaman
      4 10 8
 
  1. Produksi bibit secara vegetatif dan Kultur Jaringan
      4 14 8
TOTAL 48 48 48 48 48 48
 

Keterangan :

  1. Pilih salah satu peminatan,
  2. Pelaksanaan praktek kerja industri (Prakerin)  dilakukan pada semester 5 dan atau       6, (kelas XII semester 1 dan 2)
  3. Dibuat deskripsi untuk setiap Paket Peminatan

*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)

 

PROGRAM STUDI KEAHLIAN      :    AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN

PAKET KEAHLIAN                          :   1.   AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN    HORTIKULTURA

 2.  AGRIBISNIS TANAMAN PERKEBUNAN

 3.  AGRIBISNIS PERBENIHAN DAN KULTUR JARINGAN

MATA PELAJARAN 3                    :    TANAH DAN PUPUK

 

KELAS:  X

 

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1      Meyakini  anugerah Tuhan pada pembelajaran pengertian tanah dan kesuburan tanah sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
  1. Menghayati  perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1      Menghayati sikap cermat,teliti  dan  tanggungjawab sebagai hasil dari  pembelajaran profil tanah dan indentifikasi sifat-sifat tanah

2.2      Menghayati pentingnya  kerjasama  sebagai hasil   pembelajaran  jenis-jenis tanah dan air tanah

2.3      Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan praktek   sebagai hasil dari pembelajaran pemupukan, pembelajaran dan praktik membuat pupuk organik, pembelajaran teknik penyimpanan pupuk

2.4      Menghayati pentingnya bersikap  jujur, disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran pemupukan, membuat pupuk organik dan teknik penyimpanan pupuk

  1. Menerapkan , menganalisis serta menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1     Menganalisis jenis tanah

3.2     Menganalisis sifat tanah

3.3     Menganalisis jenis pupuk

3.4     Menganalisisperhitungan kebutuhan pupuk

3.5     Menganalisisteknik pemberian pupuk.

3.6     Menganalisisteknik penyimpanan pupuk

3.7     Menganalisis sumber-sumber pupuk organik

 

 

  1. Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

4.1.     Memperlakukan jenis tanah sesuai kebutuhan tanaman

4.2.     Melakukan identifikasi sifat tanah

4.3.     Melakukan identifikasi  pupuk

4.4.     Menyiapkan pupuk

4.5.     Melakukan pemupukan.

4.6.     Melakukan penyimpanan pupuk

4.7.     Membuat pupuk organik

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>